Home > Pasundan 9 Bandung > cara menghapal huruf hiragana untuk siswa SMA

cara menghapal huruf hiragana untuk siswa SMA

Setelah mencari-cari cara agar siswa dapat menghapal Hiragana, akhirnya saya menemukan satu cara yang saya rasa paling berhasil setelah saya coba terapkan di kelas 10. Dalam satu semester beberapa siswa sudah mampu mengubah kalimat dalam tulisan Hiragana ke dalam bentuk latin, begitu pula sebaliknya. Saya coba bagikan di sini untuk para guru, siapa tahu bisa digunakan.

Cara menghapal huruf melalui latihan dan kuis setiap minggu

Alat/ Bahan

1. Lembar cara penulisan huruf Hiragana

2. Lembar latihan kolom (terdiri dari 109 kolom dari あ sampai  りょ

3. Lembar latihan kata & kalimat

Cara

1. Pada awal pertemuan saya berikan 1 lembar yang berisi kolom-kolom untuk diisi dengan huruf Hiragana (Lembar Latihan) dan juga lembar untuk mempelajari cara menulis huruf Hirgana (karena saya memiliki keterbatasan waktu untuk mengajar semua huruf)

2. Lembar latihan yang masih kosong dijadikan master. Setiap minggu difotokopi satu lembar sebagai PR yang harus dikerjakan di rumah. Apabila tidak mengerjakan, mereka dikenai hukuman untuk mengerjakan lembar tambahan, semakin tidak dikerjakan maka konsekwensinya semakin banyak lembar yang harus dikerjakan.

3. Pada saat tatap muka tugas tersebut dikumpulkan dan dilaksanakan kuis sekitar 15-20 menit untuk mengerjakan lembar yang sama.

4. Jika ada siswa yang sudah berhasil mengisi seluruh kolom (biasanya setelah 3-4 kali pertemuan) dinyatakan lulus dan dia mendapatkan hak dibebaskan dari tugas setiap minggu. Selanjutnya mereka melalui tahap kuis yang setahap lebih sulit.

5. Siswa yang sudah dinyatakan lulus (mampu mengisi seluruh kolom), tidak lagi diberi soal-soal kolom tapi meningkat dari mulai kata-kata, kalimat pendek dan kalimat panjang.  Soalnya terdiri dari mengubah hiragana ke romawi dan juga sebaliknya.

Hasil

1. Siswa menjadi terdorong untuk sesegera mungkin mampu menyelesaikan kuis kolom karena ingin cepat lulus, tidak mengerjakan tugas, dan menyusul teman-teman mereka yang sudah lulus.

2. Siswa merasakan kesenangan jika mereka dinyatakan lulus (dilihat dari antusias mereka yang selalu bertanya “sensei, saya lulus nggak?” dan kecewa kalau mereka masih salah dibeberapa huruf.

3. Dalam 3 Minggu sudah ada beberapa siswa yang mampu mengisi keseluruhan kolom.

4. Dalam minggu-minggu selanjutnya, siswa yang sudah naik satu tahap (tidak lagi mengisi kolom) mulai lancar mengubah kalimat dari hiragana ke romaji dan romaji ke hiragana (walau tidak selancar hiragana ke romaji)

5. Pada anak-anak yang motivasinya agak kurang, memang hapalannya berjalan lambat, tapi tidak berhenti.

Kendala dan masalah

1. Mengurangi waktu untuk mempelajari materi lain.

2. Menambah pekerjaan guru (karena jadi harus memeriksa tugas dan kuis huruf)

Berikut adalah contoh penilaian selama 8 kali pertemuan.  Siswa-siswa yang dinyatakan lulus (tuntas mengerjakan seluruh kolom) ditandai dengan warna merah. Selanjutnya penilaian-penilaian siswa itu disesuaikan dengan soal yang diberikan.

No 13-Sep 20-Sep 27-Sep 04-Okt 18-Okt 25-Okt 1-Nov 15 Nov
1 37 35 ? 76 85
2 45 103 76 104 96 109 A 94/134 – 0
3 24 43 51 35 50 64
4 5 14 15 ? 51 49 68 63
5 17 34 40 ? 82 74 89 UJI ULANG
6 13 24 11 29 32 62
8 38 69 64 103 105 108 109 B 133/217 – 0
9 42 71 75 84 103 109  4-150 A 89/134 – 1
10 62 107 106 109 26(30) 5(10) 14-131 A 133/ 134 – 9
11 39 106 108 107 108 97 109 A 122/134 – 1
12 47 64 97 77
13 57 90 104 109 9(30) 0(10)  0-103 A 108/134 – 0
14 69 92 89 108 108 109 13-147 B 213/217 – 3
15 62 89 100 107 109 0(10)  6-77 A 120/134 – 1
16 27 32 62 80 58 99 106 81
17 69 105 109 12(30) 30(30) 2(10) 17-146 B 215/217 – 4
18 51 82 72 82 106 107 109 A 44/134 – 1
19 35 92 97 102 108 109  7-20 A 131/134 – 7
20 10 24 30 81 72 88 91
21 45 82 109 8(30) 24(30) 3(10) 13-115 A 129/134 – 4

Silahkan download bahan/ alatnya

Cara penulisan hiragana

Latihan Kalimat

Latihan kata

Latihan Kolom

  1. May 1, 2014 at 12:01 am

    Its like you learn my mind! You seem to understand a
    lot approximately this, such as you wrote the ebook in it or something.
    I believe that you simply can do with some p.c. to drive the message home a bit, but instead of that, this is wonderful blog.
    An excellent read. I’ll certainly be back.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: