Home > Pasundan 9 Bandung > Perwalian kelima– BBC

Perwalian kelima– BBC

Rabu, 28 September 2011

Nama kegiatan: BBC

Jenis kegiatan: Menonton video

Tujuan:

1. Menambah pengetahuan mengenai alam semesta

2. Menumbuhkan keingintahuan mengenai alam semesta Satu minggu setelah membaca cerpen yang berkaitan dengan planet, saya mencoba membuat siswa untuk langsung memahami alam semesta melalui video yang berjudul “Rare planet” dari BBC. Sebenarnya video ini telah saya tonton dari hasil download yang masih berbahasa Inggris. Dalam versi aslinya itu hadir DR. IAIN STEWART yang menjelakan mengenai planet tersebut dengan lebih simpel sehingga dapat lebih dipahami. Siswa-siswa saya belum cukup mampu memahami bahasa Inggris walau dalam file itu disertai subtitle dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, saya pun berinisiatif untuk mencari video itu yang memiliki subtitle bahasa Indonesia. Saya akhirnya menemukan video itu dijual di GRAMEDIA, tetapi saya sedikit kecewa karena tidak ada DR. IAIN di video yang khusus dijual di Indonesia itu, padahal kehadiran DR. IAIN-lah yang membuat acara ini menjadi menarik.

Video ini akhirnya saya pertontonkan kepada siswa-siswa saya dalam audio bahasa Indonesia secara langsung. Awalanya semuanya berjalan biasa-biasa saja, tapi lama kelamaan banyak dari mereka yang menyerah dan lebih memilih untuk tidur. Ternyata antusias yang saya rasakan saat menonton video ini tidak saya temukan di siswa-siswa saya.

Sebagai bahan penelitian, saya pun meminta mereka untuk menuliskan hal-hal baru yang mereka ketahui dan hal apa yang menjadi pertanyaan mereka tentang alam semesta. Saya ingin membandingkan keefektifan membaca dan menonton. Sedangkan, pertanyaan yang mereka ajukan itu untuk mengetahui antusiasme mereka dan melatih untuk berpikir.

Hasil yang saya dapatkan dari tulisan-tulisan mereka, walaupun dikatakan cukup beragam, namun terkendala kebosanan dalam menonton sehingga dari sekitar 45 menit acara tersebut hanya sedikit yang mereka tangkap. Umumnya anak-anak mengutarakan masalah: 1. Meteor yang menabrak bumi 2. Bulan yang menjauh 3. Jupiter yang melindungi Bumi Dalam acara ini, fungsi Bulan diceritakan diawal-awal acara sehingga banyak dari mereka yang masih menangkap info tentang bulan. Ditambah lagi karena ada info yang sangat mencengangkan mereka bahwa “bulan menjauh dari bumi” Sehingga banyak siswa yang banyak menulis tentang bulan. Pertanyaan pun ternyata hanya dilontarkan oleh beberapa anak saja. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan mereka.

1. Jika bumi terus dirusak, akankah bumi bisa bertahan dari orbitnya? (Rohayati)

2. Mengapa saat bumi ber bentrok (bertubrukan) bumi menjadi panas? Bagaimana cara bumi berubah seperti semula dan bercuaca dingin lagi? (Elis)

3. Apakah benar ada Tya (Theia)? (Fuji)

4. Apakah mungkin bumi bisa menjadi planet yang mati seperti planet Mars? (Ai)

5. Apakah bulan benar-benar akan menjauh dari bumi? Dan jika tidak ada bulan, bumi akan bagaimana? (Yusuf)

6. Apakah letusan gunung Krakatau mempengaruhi bentuk dunia? (syahrul)

7. Apakah di planet lain ada kehidupan? (Aneu)

8. Apakah ada kehidupan di planet lain? (Akbar)

9. Akankah bulan Musnah? ( Melly)

10. Mengapa pelangi tidak nampak? (Ary)

  1. October 10, 2011 at 2:02 am

    nonton naon atuh nu rame….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

