Home > Artikel > LULUS!!!! Biasa ajalah!

LULUS!!!! Biasa ajalah!

Pertama-tama saya ucapkan selamat untuk siswa seluruh Indonesia yang lulus dan juga yang tidak lulus (hidup kita tidak akan berakhir karena tidak lulus).

Kemudian, maaf jika tulisan saya sedikit tidak enak dibaca oleh para siswa yang lulus.

Pagi ini saya gundah mendengar berita kelulusan. Anak-anak di Indonesia yang bersuka cita dengan kelulusan meraka. sampai corat-coret dan pawai di jalan dengan motor-motor mereka yang mengganggu lalu lintas. Saya pun berteriak itu artinya mereka tidak lulus… bagaimana orang yang lulus SMA melakukan kebodohan seperti itu, bukankah sekolah itu untuk mengubah prilaku mereka, jadi bagaimana mereka bisa dinyatakan lulus dengan prilaku yang memalukan begitu.

Dengan pengalaman saya selama di sekolah, kelulusan bukanlah hal yang hebat bagi saya. Saya tahu banyaknya kecurangan di sana. Bahkan saat mengawas UN pun saya kesal minta ampun…. kok guru jadi orang yang bermuka dua begini….Mati-matian mengajarkan anak kejujuran akhirnya gurunya sendiri pun tidak jujur…. (Buat apa ada penilaian akhlak mulia segala di sekolah????) Nilai siswa yang ditarik kesana kemari agar mereka lulus nantinya. Jadi tak perlulah siswa merasa sehebat itu dengan kelulusan mereka… Jadi Lulus itu biasa sajalah….

Sekali lagi dengan berat hati saya katakan, walaupun mungkin tidak seluruhnya, tapi kalian sudah ditipu dibuat senang tanpa tahu musibah apa yang akan melanda kalian selanjutnya.

Untuk yang sudah lulus dan tidak akan melanjutkan ke perguruan tinggi…mampukah kalian bekerja tanpa kemampuan? saat ini dunia kerja tak cukup dengan membawa lembaran daftar nilai-nilai tinggi tanpa kemampuan apapun…

Saya teringat murid saya yang bertanya… setelah lulus akan bagaimana ya? saya tidak mau kerja di pabrik… saya pun tercenung sulit memberinya jawaban. Dia adalah anak yang pintar, tapi tidak mampu melanjutkan ke universitas. Inilah salahnya sekolah di Indonesia hanya mencetak siswa pintar dengan deretan nilai, tapi tidak dengan kemampuan.

Sekali lagi biasa sajalah dengan kelulusan kalian ini tidak perlu bersuka cita berlebihan karena untuk kelulusan itu guru kalian sudah banyak ikut campur…

Categories: Artikel Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

