Home > Artikel > Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan dan Tatabahasa Korea

Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan dan Tatabahasa Korea

Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan dan Tatabahasa KOREA

Pertama-tama… saya ingin dan harus mengucapkan Alhamdulillah atas selesainya buku ini setelah perjalanan dalam pembuatannya. Sebenarnya dari dulu, saat saya belum terlalu banyak tahu tentang bahasa Korea saya memang berusaha membuat buku untuk pribadi dengan mengumpulkan semua catatan email saya bersama Kim Hyun Joo selama hampir 3 tahunan, tetapi karena kesibukan kami masing-masing akhirnya keinginan itu tidak terlaksana. Mungkin buku inilah jawaban untuk keinginan saya sendiri, tetapi sekali lagi saya harus bersyukur karena tidak  hanya untuk diri sendiri, buku ini pun bisa dipelajari banyak orang.

Mengenai Buku

Setelah saya amati buku yang sekarang ada di pasaran, kebanyakan adalah buku percakapan dan tata bahasa, tetapi kebanyakan adalah  buku yang mungkin bisa dimengerti oleh orang yang sudah mempelajari bahasa Korea sebelumnya. Buku ini saya buat bagi para pemula yang buta mulai dari hangeu (abjad Korea) karena itu, buku ini menjadi tebal karena saya mencoba menjelaskan buku ini dengan detail, walau harus saya akui mengajarkan melalui tulisan lebih  sulit daripada mengajarkan secara verbal. Apakah kalimat ini cukup bisa dimengerti? Bagaimana menjelaskan sesuatu yang harus dijabarkan satu persatu? Bagaimana menerjemahkan kalimat ini agar bisa dimengerti bukan hanya secara kesuluruhan tetapi agar pembaca mengerti juga bagian demi bagiannya karena banyak nuansa-nuansa bahasa yang tidak dimiliki bahasa Indonesia. Hal inilah yang membuat pembuatan buku ini molor selain karena permasalahan teknis.

Buku ini dimulai dengan membahas Hangeul. Ini tips dari saya saat mempelajari Hangeul banyaklah membaca teks lagu yang disukai hehehe… Lalu dilanjutkan dengan tatabahasa… tidak secara keseluruhan …(bisa-bisa tebel banget) tapi hanya pola-pola yang akan dipelajari… Lalu diteruskan pada percakapan yang polanya kembali diulas dengan contoh kalimat dan latihan… plus ada tambahan drama quotes…kebetulan saat pembuatan sedang ramenya secret garden (dan saya suka banget drama itu) alhasil banyaklah quotes dari drama itu..

Dialog dalam buku ini seperti sebuah cerita yang beruntut… karena awalnya saya ingin pembaca menikmati buku ini seperti sebuah drama….hehe… Ini cerita fiktif ya… saya takut ada yang cari-cari restoran Korea di Itaewon…hehehe…

Dialog dalam buku ini disuarakan oleh para Native Korea asli (seperti yang tercantum pada bagian belakang) yang telah dengan baik hati membantu saya… Semoga suara mereka bisa membuat para pembaca berlatih mengucapkan bahasa Korea seperti mereka  hehehe…

Terima kasih

Karena halaman buku sangat terbatas… saya tidak bisa menuliskan orang-orang yang telah membantu saya dalam pembuatan buku ini… (malah sempet khawatir saat sang editor meminta beberapa bagian latihan dibuang kalo halamannya kelebihan) ^^… Maka di blog pribadilah saya bisa mengucapkan sebanyak-banyaknya..

Yang Pertama…

Saya ucapkan pada Allah S.W.T yang telah menegarkan saya di setiap ketakutan hadir. Meyakinkan saya disetiap saya merasa tak mampu melakukan apapun dan memberikan saya otak yang senang berimajinasi…. (percakapan yang saya buat tak lepas dari kemampuan berimajinasi). Segala hal yang tak saya bisa bayangkan mengapa Dia menciptakannya…

Untuk Orang Tua

Almarhum Ayah, Sapri Hasjim ( hehehe Jadi agak sedih)… atas segala jeri payahnya membesarkan saya dan begitu peduli pada pendidikan saya… Seandainya bukan karena ayah yang begitu peduli mungkin buku ini tidak pernah ada… (mungkin saya hidup sebagai manusia alay)…. Semoga Allah melapangkan kuburnya dan memberikannya kebahagiaan. Untuk Ibu yang selalu mempercayai bahwa segalanya akan berjalan baik…. setiap saya khawatir kalau saya tidak bisa melakukan ini.

Untuk Kakak, adik, dan sanak saudara semua… heheh… terima kasih karena mau mengalah dan memberikan saya ruang dan waktu saat mengerjakan buku ini… Maaf dulu sempat ngambek karena kalian ribut ^^

Untuk Orang-orang Korea

Kalau dipikir-pikir orang Korea yang saya temui terasa sambung menyambung… Mulai dari Para sukarelawan yang dulu pernah mengajar di SMA adik saya… sampai sekarang. Namun, saat ini saya ingin mengucapkannya secara khusus orang per orang…

  1. Kim Hyun Joo

Saya dan dia sudah berteman 5-6 tahun, tapi kami belum pernah bertemu muka heheh… Saat saya bingung siapa yang bisa dan mau mengecek isi buku… tiba-tiba di YM

“Hai, aku sudah pulang dari Amerika, sekarang aku mau cari kerja di Korea”… langsung saja aku ungkapkan keinginanku… “Well Thats Great! I will help you!” Serunya. Ah betapa leganya… dan dia benar-benar memeriksa teks yang sangat panjang tidak sampai 2 hari… 현주언니… 정말로 고마워요…

  1. Yoon Hye Sun

Kakak sekaligus guru yang mengajarkan aku bahasa Korea selama dia setahun di Indonesia. Jalan-jalan kesana kemari… mengobrolkan hal-hal yang tak kukira bisa diobrolkan dengan orang Korea hehehe… Menikmati es lilin yang dia gemari…Hyesun onni mengucapkan terima kasih dalam buku bahasa Korea yang dia buat… saya ingin membalasnya.

  1. Lee Hee Soo

Orang Korea pertama yang bergabung sebagai pengisi suara… awalnya seperti tidak begitu memberikan perhatian…” oh iya, nanti saya bantu…maaf, tapi sekarang sayaharus pergi dulu”, tapi saat dikontak hehehe… dia dengan baiknya bersedia membantu.

  1. Jung Yoori dan Choi Jae Hoon

Pasangan yang saya ganggu saat mereka sedang makan siang… hehehe… terima kasih sekali, karena dengan entengnya mau membantu saya… “oh iya mba kita juga lagi belajar… kalau perlu bantuan bilang saja… nanti kami bantu” kata Choi Jae Hoon.

  1. Im Seung Min

Orang yang baik hati dan suaranya mengingatkan saya pada buku-buku pelajaran bahasa Korea yang saya pakai di tempat kursus.

  1. Orang Korea lainnya yang menjadi penghubung kami…

Untuk Teman

Waah sangat banyak sekali teman-teman di YKBI, khususnya Bude yang jadi tempat curhat, Nuniek, P’ Sigit yang memperkenalkan saya pada Mas Ade…Lidia yang mempernalkan saya pada Im Seung min. Teman- teman Kuliah yang sudah mengetahui kegilaan saya pada bahasa Korea. Teman-teman di SMK Bandung Timur, Guru-guru di SMA Pasundan dan SMK Bandung Timur yang memperkenankan saya libur untuk mengerjakan buku ini….

Untuk Murid-murid saya…

Inilah jawaban dari pertnyaan murid-murid saya bertanya “ Bu kamana wae seminggu ga datang?” hehehe… saya bilang sedang bertelur…Untuk anak-anak Klub bahasa Jepang karena sering terlantar… semoga setelah ini saya punya waktu yang cukup banyak untuk kalian. Untuk murid- murid kursusan hehehe…. kalau tidak mengajar kalian… mungkin saya tidak mampu buat buku seperti ini…고마워!

Untuk Orang-orang di Penerbitan

Mas Ade… yang membuat saya benar-benar menjadi tahu dunia penerbitan… pertama kalinya dalam hidup saya tidak tidur di kasur dan tidak benar-benar tidur… dan terus melihat kalian yang sibuk nge-lay out… sungguh pengalaman berharga… lain kali saya harus bawa cemilan kalo mau ngelembur lagi… hehehe… kang Nonoz sampai subuh jadi teman ngobrol…( yang kerjanya Cuma kang nonoz aja saya Cuma liatin dia ngelay-out, Kang Depi (Defi?) yang harus bermerang-merang ria selama membuat cover… terima kasih sudah menerima masukan dari saya… Semua yang ada di sana aja… termasuk para OB yang membawakan saya nasi padang dan antar jempur keluar masuk komplek….

Untuk Indonesia…

Untuk negara yang memberikan saya lahan untuk berjuang dalam segala keterpurukan. Untuk cerita heroik di masa lalu yang ingin kembali saya hidupkan dalam diri anak-anak didik saya….

Sebenarnya sangat banyak orang-orang yang terlibat di sini… yang tanpa sengaja menghubungkan saya pada banyak orang… karena itulah seperti yang Mario teguh katakan… setengah dari keberhasilan saya adalah bantuan dari orang-orang…

Dan… untuk diri sendiri yang mau berusaha dan mengusahakan hehehe

Hahaha… dibanding review buku ini sih lebih tepatnya ucapan terima kasih hehehe…

  1. May 14, 2011 at 11:39 am

    Iraaaaaaaaaaaa~!!
    selamat yaaaaaaaaa you are brilliant!!!
    sukses ya!
    semoga akan ada buku2 ira yang lain di kemudian hari^^

  2. merry
    May 18, 2011 at 2:55 am

    kak… aku boleh tau ym kakak ga? jadi klo ada pertanyaan bs langsung ditanya n siapa tau bs diskusi gt… thanks before

  3. sasyaa
    May 22, 2011 at 8:34 am

    선생님 …
    감사합니다…

    saya sudah meembeli buku yang ibu buat. awalya, saya merasa meempelajari baahasa Korea sangatlah sulit, akan tetapi, ketika saya sudah membeli buku yang seonsaengnim buat, saya bisa mempelajari bahasa Korea dengan mudah dan tidak perlu privat bahasa Korea^^ buku ini sangat membantu orang² seperti saya🙂

    saya masih menunggu buku keduanya^^
    화이팅 !!!

    • May 23, 2011 at 3:48 am

      와…너무 기쁩니다^^
      sama-sama..saya sangat senang jika memang bisa membantu. Buku ini memang saya buat untuk orang-orang yang baru mempelajari bahasa Korea. Jika ada pertanyaan tentang konteksnya silahkan tanya saya!
      저도 너무 고마워요^^

  4. merry
    May 23, 2011 at 4:02 am

    kak, aku ada ym ttg pertanyaan aku…. mgkn kakak lg ga ol ya? hehe… klo da ol, tlg balas y.. tq.. soalnya susah klo disini tnya nya… msti curi2 ngetik hahaha…

  5. MOCARIAL
    March 23, 2012 at 8:34 am

    Kak Siti, selamat untuk terbitnya buku ini =). Ada pertanyaan yang saya tanyakan ke Ibu lewat email. Mohon dibaca y. thx

  6. zulfadli
    July 17, 2012 at 1:40 am

    gi mna mau beli buku ini………klu ble krim alamatx ya…….sama sekali no rekeningnya……

    • July 17, 2012 at 7:10 am

      Halo! Zulfadi
      Harga bukunya Rp. 45.000 (belum termasuk ongkos kirim)
      Nanti Zufaldi tinggal kirim ke rekening BNI saya. atas nama: SITI MUTIARANINGSIH
      No. rek 0261416943.

      Zufaldi alamatnya di mana?

      terima kasih

  7. dika
    June 2, 2013 at 6:14 pm

    mbak siti boleh minta no kontak yg bs dihubungi?saya mau pesan bukunya.soalnya saya nyari di gramedia udah gak ada

  8. hilal
    January 1, 2014 at 5:09 am

    mbk mau pesan bukunya ini nmr hp sy 085866661561

  9. airin
    February 9, 2015 at 4:03 am

    Saya mau pesan dong buku ini…
    nomor hp saya 081932005389
    Lokasi Jakarta

    • February 9, 2015 at 11:35 pm

      Halo Airin!
      Maaf, sayanya lagi nggak di Indonesia sekarang, paling bulan depan setelah pulang… mianhaeyo.

  10. Sacha
    April 20, 2015 at 1:47 pm

    Mba aku pgn deh bukunya, masih ada ga?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: